7 CARA JITU BENAHI ATAP RUMAH BOCOR

Atap rumah berfungsi untuk melindungi bagian dalam rumah, melindungi dari terik matahari, hujan dan kotoran. Jika musim hujan datang pasti banyak yang was-was jika atap rumahnya bocor. Nah jika atap rumah kalian bocor tentunya masalah yang penting bukan?. Karena dapat mengganggu kenyaman kalian dalam rumah karena akan ada banyak ember disekitarmu, serta dapat menyebabkan kerusakan pada furniture, seperti lemari, kursi atau perabot lainnya yang berbahan dasar kayu.

Jadi jangan sepelekan masalah ini, karena akan membuat perasaanmu tidak karuan dan sangat menjengkelkan. Berikut ini beberapa cara jitu untuk membenahi atap rumahmu yang bocor :

  1. Ganti Genteng Yang Pecah Atau Rusak

 

Keadaan genteng yang pecah atau rusak karena terkena dahan pohon atau kualitas genteng yang sudah lapuk termakan usia dapat membuat air hujan masuk dalam rumahmu. Mungkin ini menjadi penyebab terjadinya kebocoran dirumahmu. Nah, maka dari itu periksalah keadaan genteng secara berkala untuk menghindari hal tersebut.

  1. Bersihkan Talang Air

Talang air yang kotor dapat membuat atap rumah kalian menjadi bocor karena air hujan yang mengalir menjadi tersumbat dengan adanya sampah daun-daun atau ranting pohon. Nah bila hal tersebut terjadi, tentu talang air tidak dapat mengalirkan dan menampung air dengan baik karena salurannya terhambat.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian bersihkan sampah-sampah diatap rumah kalian secara berkala agar tidak menyumbat saluran air.

 

  1. Perbaiki Kemiringan Atap

Atap rumah dibuat miring agar aliran air hujan dapat mengalir dengan lancar ke bawah. Kemiringan atap merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan bocornya atap rumahmu. Jika atap rumah kalian agak datar dan landau dapat menyebabkan lambatnya aliran air hujan dan mampu mengenai beton sehingga membuat kebocoran atap.

Oleh karena itu perhatikan kemiringan atap rumah kalian, biasanya kemiringan atap berkisar antara 30 – 40 derajat dan kurangi sambungan atap karena hal tersebut berpotensi menyebabkan kebocoran.

  1. Buat Ventilasi Udara Yang Cukup

Atap yang terlalu lembab adalah faktor yang dapat membuat kebocoran atap. Untuk menghindari atap keropos, pastikan rumahmu memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Buatlah sebuah ventilasi atau jendela pada sisi atap atau bawah genteng sehingga ruangan dalam kerangka atap tetap kering dan tidak lembab. Kalian tidak perlu membuat ventilasi yang telalu besar, cukup dengan ukuran yang sedang dengan begitu sirkulasi udara tetap lancar dan air hujan pun tidak bisa masuk melalui lubang .

  1. Memasang Plastik Dibawah Atap

Sebelum kalian memasang atap rumah, kalian bisa melapisi bagian bawahnya dengan plastik. Caranya pasang kayu pondasi kemudian pasang plastik diatap. Menggunakan plastik dapat melindungi atap dari tetesan air hujan atau sampah yang masuk pada celah-celah sempit. Cara ini sudah sering dilakukan pada daerah pedesaan.

 

  1. Gunakan Water Proofing

Kata water proof mungkin sudah tidak asing lagi. Dari urusan kosmetik sampai bahan bangunan pun terdapat kata tersebut karena bahan ini memiliki sifat anti air. Bagian atap yang bocor dapat diatasi dengan menggunakan lapisan-lapisan yang bersifat water proofing yang memiliki bentuk liquid atau powder.

 

  1. Mengecek Keadaan Atap Yang Dicor

Pada zaman ini banyak orang mengecor atap rumah atau tembok, tidak jarang bagian tersebut mengalami keretakan. Nah keretakan tersebut disebabkan karena komposisi bahan campuran saat pengecoran tidak tepat. Sehingga membuat atap rumah menjadi lembab saat musim hujan dan lama-kelamaan akan mengakibatkan kebocoran

Oleh karena itu, sebaiknya kalian memerhatikan komposisi bahan campuran bagian atap rumah saat proses pengecoran. Atau dengan cukup menembel ulang bagian atap rumah yang retaknya tidak terlalu parah.

 

Demikianlah penjelasan mengenai carajitu benahi atap rumah yang bocor. Kalian bisa mengaplikasikan salah satu dari cara tersebut pada atap rumah kalian yang bocor. Bagi kalian yang tidak memiliki waktu untuk melakukan perbaikan atap atau mencari tukang untuk memperbaikinya, kalian dapat mengunjungi website www.tukangmalang.com. Karena tukangmalang.com melayani berbagai kebutuhan rumah kalian. Mulai dari segala perbaikan kerusakan pada rumah, renovasi rumah atau bangunan, alat dan kebutuhan perabotan atau furniture yang kalian butuhkan sampai pembangunan rumah yang kalian impikan. tukangmalang.com juga menyediakan jasa custom perabot atau furniture sehingga kalian bisa pesan custom sesuai selera kalian.

Kalian tidak perlu khawatir lagi soal kualitas dari tukangmalang.com karena tukangmalang.com memiliki tukang yang ahli pada bidangnya dan professional, menggunakan bahan bangunan yang berkualitas. Serta tukangmalang.com memberikan masa retensi atau garansi untuk pekerjaan yang sudah selesai.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima Kasih dan jangan lupa kunjungi website www.tukangmalang.com

“tukang datang keluarga tenang..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *